Sunday, April 5, 2015

karya tulis ilmiah pengaruh budaya asing

DAFTAR ISI
Pengaruh budaya asing bagi masyarakat indonesi.............1
Halaman Pengesahan ..........................................................2
Halam Persembahan ............................................................3
Kata Pengantar ................................................................... 4
Daftar isi ...............................................................................5
BAB I PENDAHULUAN.
1.1.   Latar belakang masalah ................................................6
1.2.   Rumusan Masalah.. .......................................................7
1.3.   Tujuan Penulisan.............................................,................8
BAB II RUMUSAN MASALAH
2.1  Pengertian Budaya Asing ................................... 9
2.2   Dampak Budaya Asing  .....................................10
2.3 Cara mengatasi budaya asing ..............................11
BAB III KESIMPULAN dan PENDAPAT
3.1Kesimpulan .........................................................................  12
3.2Pendapat ............................................................................. 13
                   DAFTAR PUSTAKA .........................................................14





Pengaruh Budaya Asing Bagi Masyarakat Indonesia

Bab 1
Pendahuluan
  
1.1 Latar Belakang
Pada zaman modern ini masyarakat indonesia selalu menggunakan budaya asing . budaya asing sendiri merupakan sebuah hal dimana pengaruh luar negri mencakup semua budaya dari luar negri yang mempengaruhi indonesia. masyrakat indonesia sernigh menirukan budaya asing yang belum tersaring. seperti fashion dengan bikini dan cara   bicara yang tidak sopan pada orang tua .

seperti yang kita ketahui  tiap pengaruh pastiu ada dampak positif dan negatif. budaya asing ini  pun memiliki dampak positif seperti: kita dapan mengetahui informasi dari negri lain yang tidak kita ketahui, banyak makanan dari luar negri yang menyehatkan tubuh. seperti yang kita ketahui jika ada positif berarti ada negatif. pengaruh budaya asing yang tidak diosaring terlebih dahulu dapat merusak mental dan pikiran masyarakat dengan kepornoan dari luar negri dan ketiadak sopanan pada orang tua

cara mengatasi pengaruh budaya asing ini adalah biasa kan memakai pakaian yang tidak menampakkan aurat. kita juga harus menghormati orang tua karna orang tua adalah seseorang yang telah merawat kita . jika di luar negri mereka memanggil ibu dengan"kau" kita di indonesia harus lebih sopan. Jauhi juga Pergaulan Bebas dan perbanyak ibadah


1.2 Rumusan Masalah
untuk mengetahu pengaruh budaya asing maka dirumuskan masalh sebagai berikut:
-Apa pengertian dari budaya asiong?
-Apa saja dampak pengaruh budaya asing baik postif maupun negatif?
-apa saja cara mengatasi agar kita tidak terjurumus dalam pengaruh negatif budaya asing

1.3 tujuan penulisan
-untuk mengetahui pengertian budaya asing
-untuk menegetahui dampak budaya asing
-untuk mengetahui cara mengatasi dampak negatif dari budaya asing

Bab 2
Rumusan Masalah
2.1 Pengertian Budaya Asing

Di zaman serba modern seperti sekarang, budaya di Indonesia semakin tergeser kedudukannya karena kedatangan budaya asing. Dengan makin meningkatnya krisis globalisasi di Indonesia, pengaruh budaya asing berkembang sangat cepat. Tak hanya perilaku masyarakat, gaya berpakaian dan tutur bahasanya juga telah tercampur dengan budaya asing. Adanya penyerapan unsur budaya asing yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan budaya karena masyarakat yang tak mampu menahan pengaruh dari budaya itu.Oleh sebab itu budaya indonesia semakin menghilang  sehingga dapat dengan mudah dicuri oleh negara lain. sebenarnya jika kita marah dengan negara yang mencuri budaya kita itu hal yang lucu karena kita yang terrlalu memikirkan budaya asing dan menjadikan budaya indonesia menjadi terpuruk dan terbelakang. ini slah siapa? ya pasti adalah masyarakat indonesia yang tidak memntingkan budaya sendiri dan malah mementingkan budaya luar.
Menurut Soerjono Soekanto, datangnya budaya asing ke Indonesia dapat menimbulkan pengaruh baik positif maupun negatif.

2.2 Dampak Budaya Asing
  • Pengaruh positif
Budaya asing yang membawa pengaruh positif bagi Indonesia salah satunya yaitu pembangunan nasional. Pembangunan yang semakin berkembang dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian bangsa serta terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur.
  • Pengaruh negatif
Budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya di Indonesia akan membawa pengaruh negatif bagi masyarakat. Budaya asing yang berupa perilaku, etika, cara berpakaian, dan pergaulan dapat menyebabkan timbulnya kerusakan lingkungan hidup, kesenjangan sosial, kenakalan remaja, serta kriminalitas.
Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat dan canggih, masyarakat disuguhi beragam jenis hiburan dan informasi yang mungkin jauh lebih menarik daripada pertunjukan seni dan budaya khas Indonesia. Hiburan dan informasi ini dapat berupa siaran televisi, radio, internet dan surat kabar. Kondisi seperti ini menyebabkan makin bergesernya seni dan budaya Indonesia dan digantikan oleh budaya asing.
Indonesia sebagai negara berkembang masih terlalu lemah dalam menyaring kebudayaan yang masuk. Budaya asing yang masuk seharusnya dipilah-pilah terlebih dahulu. Mana yang baik dan dapat diterapkan serta sesuai dengan nilai-nilai budaya Indonesia sangat baik untuk diambil. Sedangkan budaya asing yang sekiranya dapat memberi pengaruh negatif bagi masyarakat terutama generasi muda sebaiknya kita tolak. Sayangnya, kurangnya kesadaran masyarakat akan membawa mereka untuk memilih budaya asing yang lebih mudah dan sederhana dibanding budaya lokal. Selain itu, sebagai warga negara yang baik seharusnya kita selalu merasa bangga terhadap beragamnya budaya lokal di Indonesia, karena itu adalah identitas bangsa. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi?

2.3 Cara Mengatasi Budaya Asing

Untuk mengatasi pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan karena adanya peradaban global dapat kita lakukan hal-hal seperti berikut :
1.      Memperkuat jati diri bangsa (identitas nasional) dan memantapkan budaya nasional. Memperkokoh ketahanan nasional sehingga mampu menangkal penetrasi budaya asing yang bernilai negatif dan memfasilitasi adopsi budaya asing yang produktif dan bernilai positif. 

2.      Pembangunan moral bangsa yang mengedepankan nilai-nilai yang positif seperti kemandirian, amanah, kedisiplinan, kejujuran, etos kerja, gotong royong, toleransi, tanggung jawab dan rasa malu. Dengan aktualisasi nilai moral dan agama ,transformasi budaya melalui adaptasi dan adopsi nilai-nilai budaya asing yang positif guna memperkaya budaya bangsa, revitalisai dan reaktualisasi budaya-budaya lokal yang bernilai luhur. 

3.  Pembangunan moral dalam diri sendiri untuk menjadi lebih baik dan sopan . menjauhi pergaulan bebas . memakai pakainan yang menutupi aurat

Bab 3
Kesimpulan dan Pendapat
3.1  Kesimpulan
jadi  budaya asing merupakan sebuah hal dimana pengaruh luar negri mencakup semua budaya dari luar negri yang mempengaruhi indonesia.
  • Pengaruh positif
Budaya asing yang membawa pengaruh positif bagi Indonesia salah satunya yaitu pembangunan nasional. meningkatkan kesejahteraan bagi indonesia
  • Pengaruh negatif
Budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya di Indonesia akan membawa pengaruh negatif bagi masyarakat. Budaya asing yang berupa perilaku, etika, cara berpakaian, dan pergaulan dapat menyebabkan timbulnya perubahan moral dan etika, kerusakan lingkungan hidup, kesenjangan sosial, kenakalan remaja,pergaulan bebas, serta kriminalitas.

 3.2 Saran
Sebaiknya pengaruh budaya asing dapat disaring sehingga kita dapat moendapatkan budaya asing tanpa perlu membuang budaya indonesia


Daftar Pustaka: Buku Ekonomi



No comments:

Post a Comment